eks Sumber Kencono, riwayatmu kini…

Posted: 20 February 2015 in Me
Tags:

Bismillah..

Yup, dini hari tadi rejz sempat singgah di terminal bungurasih, sidoarjo setelah selesai nganter istri dan anak mudik ke kudus. Turun dari bus semarang-surabaya, langsung bergegas menuju pool keberangkatan di sisi sebelah timur terminal yang hampir 2 tahun tidak saya singgahi hehe..

sumber-kencono

Suasana pagi dini hari di terminal yang beroperasi 24 jam tersebut, nampak berjajar bus yang siap mengantarkan calon penumpang ke tujuan masing-masing. Rejz berjalan ngeloyor ke pool keberangkatan bus AKDP jurusan malang, yang berarti harus melewati beberapa pool untuk keberangkatan ke kota lainnya. Nampak berjalan pelan, sang pelari tujuan jogja, Sumber Selamat. Sekilas rejz menganggap pelari tersebut hendak pulang ke garasi setelah sprint di trek jogja-surabaya (kalo pulang kok lewat jalur keberangkatan?? kalo pulang kok personilnya lengkap??).

Alhamdulillah di jalur arah malang telah menunggu Panda Ijo dari Restu, langsung duduk di seat belakang sopir. 5 menit dari dalam Panda Ijo, nampak pesaing trek jogja berjalan pelan meninggalkan tempat dengan membawa penumpang kurang dari 10 saja. Pikir saya, wah rejeki banget tuh si Mira dapat penumpang pas keluar terminal (rejeki sudah diatur bos!!). Masih didalam kabin si Panda Ijo yang nampaknya belum mau beranjak, keluar lagi sang pelari jogja. Sugeng Rahayu yang dibalut baju Legacy, nampak melenggang dengan santai tanpa ada penumpang kecuali awak kabin.

Sambil ngantuk, rejz sempat mikir. Apakah para penumpang di trek jogja sekarang banyak yang berpaling dari eks Sumber Kencono yang begitu melegenda? Jujur mulai kecil, waktu mudik dengan orang tua sampai sering mudik sendirian ke klaten, bisa ikut naik di Sumber Kencono dari terminal Ngawi bakal ada rasa senang tersendiri. Entah senang ketika sang legenda meng-OT rival, atau senang dengan gaya ngebut drivernya, embuh.. Tapi setelah seringnya terjadinya kasus kecelakaan, yang berakibat sang legenda harus bergani nama, rasa senang campur bangga ketika naik Sumber Kencono sedikit berkurang dan bertambah dengan rasa khawatir. Khawatir bila hanya bisa merasakan sensasi bersama Sumber Kencono hanya melalui youtube. Khawatir bila besok hanya bisa merasa senang ketika membaca tulisan yang mengulas ketangguhan sang legenda melalui Google. Khawatir bila besok benar-benar Sumber Kencono, Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu hanya tinggal sebuah nama saja.

Kebiasaan Saat Antri di SPBU

Posted: 20 November 2014 in Me

Assalamualaikum wr wb.

Yup saat ini lagi rame bahas naiknya BBM. Ada beberapa kejadian yang sering rejz temui ketika ngantri isi BBM, dan kejadian tersebut ternyata hampir ada di setiap SPBU yang pernah saya singgahi. Apa saja kebiasaan yang sering nampak? Monggo disimak kebiasaan yang sering ada di SPBU waktu kita antri ngisi BBM.

sumber : google

  1. Katanya dukung hemat BBM, pengen irit BBM tapi ngantri isi di SPBU mesin menyala sampe depan nozzle pengisian SPBU.  Kebiasaan ini yang sering rejz lihat, mungkin juga rekan yang lain. Mau isi bensin, di  depan masih kurang 5 motor lagi, mesin motor masih tetap dinyalakan sampai depan nozzle. Ya mbok kasihan sama belakangnya yang kena asap knalpot dari motornya. Lagian beratnya seberapa to dorong motor??

  2. Nunggu giliran isi BBM, tetap nangkring di atas sadel (biasnya rider bebek, matic). Bukannya sentimen sama bebek ato matic (saya juga nunggang bebek & matic), kalo motor batangan kan tanki ada di depan ridernya to? Yup meski ada aturan di beberapa SPBU yang mengharuskan customer untuk turun saat pengisian BBM, tapi masih banyak yang cuek bebek duduk diatas sadel sambil nunggu giliran isi bensin. Dan baru turun saat sudah di depan nozzle pengisian BBM.

  3. Selesai isi BBM bukannya majuin motor (buat gantian) malah beres2 di depan nozzle SPBU.
    Nah ini yang bikin jengkel kalo pas lagi buru-buru. Sudah ngantri lama, eehh pas sudah dapat giliran maju ternyata masih ada yang dengan santainya berberes di depan nozzle.

Hehe mungkin itu yang sering saya lihat di beberapa SPBU di sekitaran kota Malang. Monggo kalo mau menambahi🙂

Assalamualaikum wr wb.

Yup sabtu tanggal 13 september kemarin, rejz ganti aki si kymco yang sudah mati sejak pertama beli kemarin. Hunting di group kymco tentang aki trend 2000 yang harganya bikin wow dompet:mrgreen: . Okeh, meluncur ke rumah mekanik langganan (Pak Mul) kita menuju toko aki Nasional (daerah bengawan solo).

NP7-12

^^ ilustrasi saja

Aki yang di rekom sama Pak Mul adalah tipe Yuasa NP7-12 MF (rejz baru sekali ini tahu ada tipe aki model begitu😮 ). Oiya kalo ingin mengaplikasikan aki tipe NP7-12 kita musti tambah beli kabel+skun (kabel yang bagus 1/4 m dan skun 2 buah). Sip, setelah lengkap siap-siap saja buat merakit.

Pertama, kita musti ukur berapa panjang kabel yang di butuhkan supaya gak mubazir pas dipasang nanti.

Kedua, kita harus men-solder kabel tambahan ke aki biar sesuai dengan kebutuhan di motor.

IMG_20140913_133932

IMG_20140913_133913

Ketiga, tinggal pasang ke motor saja🙂 . Oiya, ukuran aki ini pas dengan ukuran rumah aki Kymco, jadi tidak perlu pusing buat naruhnya😀.

Sip beres semua, sekarang kalo istri mau naik Kymco gak perlu starter engkol lagi xixixi. Biaya untuk prosesi ini hanya Rp. 185.000 saja (aki 180.000; kabel 1/4 m 3.000; skun 2 buah 2.000) jauh lebih murah daripada aki yang memang peruntukannya buat motor:mrgreen: , cuma untuk durability belum bisa ngomong saya.

Wassalam

Assalamualaikum wr wb.

Lanjut edisi cerita-cerita tentang tunggangan baru rasa lama. Yup ahad kemarin, rejz sudah janjian dengan eks mekanik Kymco (pak mul) buat servis ringan Jetmatic Trend 125. Berbekal oli Prima XP 1 liter dan alamat rumah meluncur ke daerah Bandulan, Kota Malang untuk servis. Servis kali ini hanya sebatas stel klep, memebersihkan karbu vakum, filter udara, ganti oli mesin.

Setelah menunggu mesin kembali normal, buka tutup kop silinder untuk menstel klep. Model tutup klep yang dipakai Trend 125 mirip sama yang digunakan oleh varian honda new blade, revo dll (atau honda yang meniru Kymco??)

IMG_20140907_090201

Setelah klep di setting ulang (dilonggarkan) lanjut membersihkan karbu tipe vakum dan membereskan filter udara (yang sangat amat kotor:mrgreen: ). Lanjut membereskan kelistrikan si Trend 125 yang mau hidup ketika kondisi mesin menyala. Wah ternyata accu yang dipasang sudah bukan aslinya lagi (kelihatan dari samping kanan-kiri accu yang di ganjal dengan stereofoam.

Yup PR selanjutnya beli accu buat si Jetmatic Trend 125. Ada yang tahu jenis dan ukuran accu Jetmatic Trend 125, pnp dengan punya apa?? Matur nuwun.

Wassalamualaikum wr wb.

Assalamualaikum wr wb.

Perempuan yang apa itu mas rejz??? selidik para pembaca (padahal web sepi…). Yap, hati-hati buat perempuan yang akan men-servis kendaraan yang biasanya dipakai sehari-hari.

Ceritanya, ahad pagi kemarin rejz menyambangi mekanik langganan di daerah Bandulan, Malang untuk cek up si Kymco jadul yang diperoleh minggu lalu (disini). Begitu sampai kediaman pak mul (mekanik langganan), ternyata sudah ada pasien dulu dari jepang (baca : honda :mrgreen ). Ngobrol dulu sama pemilik dan pak mul, eh ternyata si bebek sering muntah-muntah dari karbunya, wah gaswat nih.. Cek karbu, repair kit, pelampung dll langsung di vonis kalo masalah muntah-muntah (bukan karena hamil) berasal dari karburator.

IMG_20140907_090248

Selidik lebih lanjut ternyata, beberapa parts (pelampung, ventilator, pilot jet dan main jet sudah di oplos menggunakan bebek jepang lainnya). Yup dioplos dan jarum di mangkuk penampung bensin juga rusak, bahkan jika menurut asumsi saya (wehehehe..) karburator si bebek sudah ditukar aka di ganti. Kasihan juga si pemilik bebek ini.

Mencoba menanyakan awal mula bebeknya bisa muntah-muntah kepada si pemilik, ternyata kejadiannya berawal ketika si bebek mogok sepulang kerja (fyi : yang menggunakan saat itu istrinya), kisaran jam 18.30 malam. Oleh sang istri motor lantas dibawa ke bengkel terdekat yang masih buka (biasanya bengkel di malang kalo sudah jam 16.00 ya tutup). Nah disini mulai curiga terjadi apa-apa oleh mekanik di bengkel tersebut. Menurut si pemilik (suami), kejadian si bebek mogok berulang hingga 3x dan hanya di pasrahkan ke bengkel awal yang menangani. Puncaknya si bebek kalo jalan sambil muntah-muntah, kasihan…

Pelajaran yang bisa di ambil dari kejadian diatas :

  1. Rawatlah motor yang menjadi tulang punggung mencari nafkah (duh penulis kena ini)
  2. Jangan sembarangan memilih bengkel buat servis. Jika ada alasan yang mendesak ya tidak apa-apa, asal tetap di pantau, jadinya seperti ini.

Semoga membantu.

Wassalamualaikum wr wb.

Tribute To ….

Posted: 5 September 2014 in :::: Renungan

Assalamualaikum wr wb..

Pagi sebelum berangkat kerja, buka notif di bbm. Beberapa foto profil di list yang hanya berisi 30an teman muncul. Dan…, yang membuat menjadi penasaran adalah sebuah foto profil yang di gunakan oleh seorang teman. Mana to fotonya?

nanda in act 1

Yaaa, ilustrasi foto diatas adalah salah satu meme comic yang dibikin oleh rekan di group di fb dan telah banyak beredar di dunia maya. Sepertinya foto tersebut bakal menjadi legenda tersendiri bagi kami. Mengapa?

  1. Munculnya banyak versi meme comic dari gambar diatas🙂
  2. Honda Win 100 bagi kami tak ubahnya sebagai sebuah legenda berjalan, muoooosok:mrgreen:
  3. Yup, model/ pemeran utama (kesampingkan dulu mas rossi nya) dalam foto di atas adalah rekan kami, Bro Yunanda Soaedy aka Nanda dari Kudus (HWRK 001) cmiiw. FYI saja, tanggal 23 agustus 2014 kemarin bro nanda telah pulang untuk selama-lamanya.

Yup, melalui postingan ini kami ucapkan berduka cita buat keluarga yang ditinggalkan. Dan untuk almarhum, semoga diterima segala amal perbuatan nya dan diampuni oleh Alloh SWT. Aamiin.

Wassalamualaikum wr wb.

Jajanan Murah Meriah

Posted: 2 September 2014 in ::: Otomotif

Assalamualaikum

Yup, lamaaaaaaa nggak update blog ecek-ecek ini. Alhamdulillah per 1 september 2014, rejz meminang sebuah rondo Kymco Trend 125 lansiran 2001 (tertulis di stnk gitu), warna merah abu-abu bladus. Rencana rondo ini mau dipakai buat mendampingi HSX125 yang sudah sakit-sakitan (semoga lekas sehat).

IMG_20140903_124354

Mengapa memilih motor ini? Jujur, awalnya nggak ada pikiran buat minang itu rondo. Awalnya, rejz rencana ingin meminang motor cub/bebek, supaya semua bisa memakainya. Ndilalah, ada rekan kerja yang menawarkan Kymco ini, setelah cek ricek, bodi, mesin dan menunggu seminggu, maka mahar pun dibayarkan. Yang bikin rejz terkesan ialah kondisi bodi motor yang keseluruhan masih orikintil bawaan pabrik (cuma ban depan belakang saja yang sudah ganti, maklum hampir 15 tahun), untuk mesin saya belum mencoba (hanya percaya kepada rekan kalo mesin masih fit). Hehe terbukti begitu mahar dibayar motor di stater engkol, jrengg langsung ngacir. Eits kemana electric start nya? Nah itu dia, electric start masih rewel karena aki drop (imho, karena di indikator speedo memang begitu).

Step selanjutnya, mungkin motor segera di gelandang ke mekanik langganan yang juga mantan mekanik Kymco Malang untuk di tune up. Bismillah semoga si Kymco ini membawa berkah buat rejz sekeluarga. Aamiin.

Wassalamualaikum

P200NS nongol di iklan kampanye..

Posted: 4 April 2014 in Me
Tags: , ,

Assalamualaikum wr wb..

Setelah muncul iklan TVC P200NS dengan motor kuning (cek disini), eh ternyata P200NS kuning juga laku dijadikan model kampanye salah satu partai lho. Iklan ini saya lihat pertama kali, tadi malam sekitar jam 20.00an. Waktu lihat cuma bisa nyengir, apa karena warna yang identik sama dengan salah satu partai atau karena hoki saja (secara terlihat 3 motor, 2 ka*asaki dan 1 matic ya*aha) heheh..

Gambar

Monggo penerawangannya😀

pict : Pulsar 200NS Indonesia

Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah, akhirnya sempat nulis lagi diblog ini. Yup kali ini coba share tentang kuliner yang pernah saya kunjungi. Rabu malam, saya dan istri sepakat untuk mencoba mie jawa yang ada di samping timur SPBU Jl. Borobudur (depan resto ringin asri) untuk yang ke 3-4 kalinya😆 .

IMG_20140130_194623

Menu mie yang diwarakan disini ada 2 macam, mie kuah jawa dan mie goreng jawa. Berhubung pingin yang seger, saya pilih yang berkuah (cocok sama suasana malang yang lagi dingin). Cara memasak mie masih menggunakan cara tradisional yakni dengan “areng” / arang (entah dari kayu apa saya nggak tahu) sehingga panas lebih stabil dan merata, cmiiw. Uniknya, setiap kali masakan mie (setiap kali naik penggorengan) hanya untuk 2 porsi saja, nah lo bisa dibayangkan lamanya proses masak kan?

Camera 360

Monggo silahkan coba mampir jika ada kesempatan atau pas lewat Jl. Borobudur, yang jelas anda harus sabar antri ya hehe.. (rekor ngantri ane +- 60 menit):mrgreen:

Camera 360

Assalamualaikum wr wb..

Melanjutkan cerita di hari pertama kemarin (masih sesi berangkat ke Bali) disini.  Mendarat di pelabuhan Ketapang kurang lebih pukul 00.45 wib, bus rombongan masuk terlebih dahulu ke loket. Begitu masuk diparkiran untuk menyebrang dengan kapal fery, ternyata terjadi penumpukan kendaraan yang menuju Bali, maka bus yang semula sudah parkir memutuskan untuk pindah dengan menggunakan kapal tongkang:mrgreen: . Beberapa bus reguler juga memasuki antrian untuk menyebrang dengan kapal tongkang, malam itu tercatat ada Gunung Harta, Medali Mas, Restu Mulya dan beberapa rombongan dari Jawa Tengah, Madu Kismo dan Zentrum merapat.

DSC02018

DSC02019

DSC02017

Hampir selama dua jam, rombongan berada di luar bus (satu jam ngantri penyebrangan dan satu jam untuk penyeberangan dengan KM Elvina. Berhubung ane dan istri tidak kuat (baca: mabok laut) kalau berada di dalam kabin, maka selama perjalanan diputuskan untuk berada di dak atas kapal😆

jam 04.00 wita rombongan keluar kapal, Alhamdulillah selamat😀 , dan jalan menuju pos pemeriksaan identitas. Ternyata untuk rombongan kami tidak diwajibkan untuk malakukan pemeriksaan identitas, entah sudah dikoordinasikan dengan agen tour atau memang sedang off ?:mrgreen:

Ternyata perjalanan masih jauh sodara-sodara, karena sadar akan keterlambatan tiba di Bali, maka saya gunakan waktu sebaik-baiknya untuk istirahat didalam bus. Bakalan gak ada waktu istirahat di Hotel xixixi.. Tiduran dengan style ayam (merem melek) karena belum sholat subuh (ane sholat didalam kendaraan saja), jam 06.00 wita rombongan berhenti didaerah Bajera untuk break sholat subuh yang kesiangan (perlu dicatat ini)😦 . Karena tidak ada aktivitas lanjut photo kendaraan yang lewat😀

DSC02108

DSC02091

DSC02094

DSC02097

DSC02101

DSC02102

DSC02106DSC02107

Selesai istirahat sejenak, perjalanan dilanjut dengan keadaan yang mulai macet karena bersamaan dengan jam berangkat kerja dan sekolah, so sepanjang jalan cuma nggremet.

07.15 wita baru melewati Kab. Tabanan dengan kondisi jalan yang tetap rame macet, tapi macetnya bisa diobati dengan suasana ijo-ijo dipinggir jalan

DSC02111

DSC02109

<skip>

07.55 wita rombngan masuk Denpasar, dan langsung diarahkan untuk sarapan pagi di RM Bebek Kertalangu. Selesai sarapan dengan menu pecel ala Bali, kami langsung menuju Hotel. Di perjalanan, agen mengabari jika tidak semua kamar hotel yang dipesan bisa digunakan untuk bersih diri, ih ih ih.. hanya ada beberapa kamar saja yang bisa digunakan. Alhamdulillah ternyata peserta yang sudah menikah mendapatkan prioritas memegang kunci (y)

10.45 wita kami baru bisa masuk di Hotel, istirahat sejenak dan bersih diri. Sempat mencoba menghubungi teman yang berdomisili di Denpasar, ternyata sedang pulang ke Jawa😆 , coba satunya lagi ternyata ada di Denpasar, karena sedang kerja. Tapi belum tahu bisa bertemu tidak, dikarenakan lokasi yang berjauhan xixixi

DSC02232

<skip>

Hilang semua penat selama di bus, sekarang saatnya berkunjung ke lokasi wisata😆 . Tujuan pertama kami adalah Tanjung Benoa @11.30 wita.

Yup, Tanjung Benoa merupakan tempat wisata pantai, disini kita bisa explore diri (weleh…) mau paralayang monggo, mau banana boat monggo, mau perahu wisata+tempat penangkaran penyu silakan. Berhubung tidak bawa baju ganti, pilihan nomor satu dua tepaksa dicoret, meskipun istri kepengen naik banana boat😀 . Yup dengan biaya 50rb/orang tiket naik perahu wisata dan penangkaran penyu ditangan, berangkat…. rrr rrr rrr… (anggap saja suara mesin perahu):mrgreen:

DSC02128

DSC02125

Bentangan banner xixixi

DSC02135

keliling-keliling penangkaran penyu.. , oiya untuk masuk ke sini pengunjung dikenakan biaya Rp.5000 rupiah, yang katanya untuk biaya perawatan lokasi🙂

DSC02158

DSC02145

DSC02150

Puas di Tanjung Benoa, rombongan break untuk Sholat dan Makan Siang di RM Kahuripan @14.45wita. Selesai isi tangki masing-masing (makan) lanjut ke obyek selanjutnya..

Garuda Wisnu Kencana kami datang.. Pukul 16.23 wita rombongan kami tiba di lokasi, hemm.. lagi banyak wisatawan rupanya (banyak bus berkumpul😀 )

DSC02200

oleh-oleh dari GWN

DSC02216

DSC02166

DSC02167

DSC02207

DSC02208

DSC02209

DSC02210

DSC02211 DSC02212

DSC02214

DSC02215

berhubung lama gak di lanjutkan jadinya lupa, jalan ceritanya.. yasudah dinikmati saja foto bus nya:mrgreen:

Salam.