Angkutan Massal di Indonesia [Bus Only]

Posted: 30 March 2011 in ::: Otomotif

Alat transportasi bus sudah ada sejak tahun 1930 dan berkembang pesat hingga sekarang. Tercatat sudah beberapa jenis varian mesin bus masuk di Indonesia mulai dari jenis mesin produk Eropa seperti Mercedez Benz, Scania, Volvo. Beberapa jenis mesin yang berasal dari Jepang yaitu Nissan Diesel, Mitsubishi, HIno hingga ada beberapa jenis mesin baru yang berasal dari Korea Selatan dan China seperti Weichai, Yuchai, Golden Dragon, Daewoo, Hyundai dan Dongfeng.

Dari masing-masing mesin tersebut saat ini mesin yang paling banyak digunakan adalah Mercedes Benz dan Hino. Tercatat beberapa tipe varian yang dri jenis Mercedes benz dan Hino yang banyak dimiliki oleh perusahaan otobus (PO) di Indonesia seperti seri OH1518, OH1521 Intercooler, OH1525 electric, 1518XBC hingga yang terbaru OH1526 dan beberapa varian langka seperti OH 1726 dan OH1638. Sementara Hino sendiri diwakili oleh beberapa varian mulai Hino BM, Hino RG, Hino AK, Hino RK8. Sedangkan untuk jenis mesin macam Scania, Volvo dan Man masih sedikit populasinya dikarenakan harganya yang mahal baik mesin+sasis ataupun maintenance dan juga dianggap belum cocok dengan kontur jalanan di Indonesia. Namun untuk produk jenis Scania memiliki perkembangan yang cukup baik, tercatat beberapa varian muncul di Indonesia seperti K114. K124i sejak tahun 2002 dan varian yang terbaru jenis K310 dan K380i.

Teknologi terkini yang diterapkan pada bus-bus di Indonesia adalah penggunaan air suspension atau disebut suspensi udara. Berbeda dengan teknologi sebelumnya yang menggunakan left spring atau bantalan per, teknologi ini bermanfaat menambah kenyamanan bus saat berjalan karena suspensi udara memiliki peredam getaran yang bagus.

  1. Bus Bumel. Moda transportasi dengan bus di Indonesia tidak terlepas dari jenis ini, dikarenakan mayoritas bus yang ada di indonesia adalah jenis Ekonomi. Bus jenis ini bisa dibagi lagi menjadi paling tidak 2 macam, yakni Bumel AC Tarip Biasa sering juga disebut ATB dan Bumel Non-AC. Trayek yang ditempuh bus ini relatif jarak dekat atau AKDP, juga ada beberapa PO yang mengeluarkan jenis bus ini dengan trayek jarak jauh atau AKDP. Fasilitas yang ada di bus bumel standart adalah konfigurasi bangku 2-3, AC / Non-AC, TV. Gambar 1.1 ATB Sumber Kencono Gambar 1.2 Non-AC Sumber Kencono
  2. Bus Patas / Cepat / Malam. Jenis bus ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari bisnis, vip, eksekutif,  super eksekutif. Dari semuanya dapat dibedakan oleh jenis layanan yang diterima oleh pengguna/ penumpang.
  3. Bus Pariwisata. Merupakan layanan premium bis pariwisata yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang. Bus ini lazim digunakan untuk kegiatan rombongan, bus dalam ketegori ini memiliki standart khusus, akan tetapi banyak kejadian di Indonesia bus bumel juga dijadikan sebagai armada pariwisata, mengingat harga yang ditawarkan lebih murah jika dibandingkan dengan armada bus pariwisata sebenarnya. Untuk kategori Bus Pariwisata fasilitas yang lazim diterima adalah konfigurasi kursi 2-2/2-3, Rec Seat, TV, VCD-DVD, AC/Non-AC.
  4. Bus Gandeng/Tempel. Bus jenis ini sudah banyak digunakan di Luar Negeri, akan tetapi di Indonesia kategori bus ini baru diperkenalkan medio 2010 dengan dioperasionalkan sebagai bus Trans Jakarta/Busway. Di Indonesia terdapat 2 macam bus gandeng/tempel yang dihasilkan oleh putra-putri Indonesia. Komodo Bus, Teknologi Bus gandeng atau bus tempel ini diluncurkan oleh PT. Asian Auto International (AAI) yang menjadi bus berbahan bakar CNG pertama buatan Indonesia. Komodo merupakan bus produksi dalam negeri yang komponen-komponenya sudah disesuaikan dengan kebutuhan transportasi perkotaan Indonesia, terutama Jakarta. Seluruh proses, mulai perancangan, perakitan, karoseri, hingga pengujian bus itu, dilakukan 100 persen di Indonesia. Komodo dirancang di atas chacis dengan lantai tinggi a.k.a high deck atau  high floor tubular space frame sehingga lebih kokoh. Bus ini bertenaga mesin 340HO dari Infracore Doosan (Korea) dan dapat menghasilkan tenaga torsi sampai 1.373Nm dengan respons seketika terhadap katup atur, percepatan siaga dan kemampuan lugging pada putaran rendah. Mesin ini digabungkan dengan sebuah transmisi otomatis DIWA 3 Voith dari Jerman yang menghasilkan perpindahan gigi lebih halus dan dilengkapi dengan rem yang menyatu pada transmisi yang memberi efek pengereman lebih tanggap sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya panas yang berlebihan dan keausan pada komponen. Bus ini telah memenuhi standar EURO 3 dengan tingkat emisi yang rendah tanpa asap, dan dilengkapi dengan sistem penyaringan ganda yang memastikan mutu bahan bakar adalah murni. Selain itu kelebihan bus tempel yang diproduksi awal khusus untuk busway yang bertinggi lantai 110 cm dan panjang 18 meter ini dapat menampung 155 penumpang dengan 41 penumpang duduk ini adalah harga yang bersaing. Dengan spesifikasi mesin 11000 cc bus tempel buatan Eropa mencapai 7 miliar, sedangkan bus ini hanya 4 miliar. Saat ini 13 unit Komodo telah terjual kepada Lorena Group. Inobus, adalah bus gandeng buatan PT. INKA Madiun Jawa Timur yang dikenal sebagai Industri Kereta Api. Suatu terobosan yang perlu didukung oleh semua pihak dimana PT. INKA yang notabene dikenal sebagai pembuat Kereta Api melakukan diverifikasi usaha dengan membuat bus dengan kandungan lokal. Menurut rencana Inobus akan menjadi moda transportasi di jalur busway Jakarta, melengkapi busway yang sekarang beredar dan masih merupakan barang impor dari Korea dan China. Spesifikasi teknik Inobus tersebut bermesin khusus CNG 320HP dengan Automatic Transmission-retarder Integrated dari Cummins Inggris, berbahan bakar gas, dimensi 18m x 2.5m x 3.5m, suspensi udara, rem cakram ABS, 20 x 2 tempat duduk + 1 tempat duduk sopir, dengan harga yang kompetitif yaitu 3 miliar per unit.
  5. Bus Cyber. Saat ini terdapat beberapa bus yang dianggap unik atau langka. Bukan hanya dari mesin saja, melainkan dari bentuk eksterior maupun interior. Bus Omah Mlaku adalah bus cyber yang diluncurkan oleh PO. Nusantara. Yang dianggap unik dan istimewa dari bus ini adalah dari sisi eksterior mungkin terlihat sama dan berjenis high deck, namun disisimesin bus ini menggunakan mesin yang sangat langka [mungkin hanya satu di Indonesia] yakni Volvo 12BM. Mesin bus ini terletak tepat ditengah-tengah chacis, berbeda dengan bus umumnya yang bermesin depan atau belakang. Selain Bus Omah Mlaku, juga terdapat Bus Limo yang dioperasionalkan oleh PO. Sumber Alam. Bus ini satu-satunya bus di Indonesia yang memiliki panjang 15 meter dan mempunyai jumlah roda 6 sumbu seperti truk tronton. Bus ini juga memiliki fitur yang hampir sama dengan Bus Omah Mlaku, memiliki interior layaknya rumah dan dilengkapi beberapa fasilitas tambahan namun mesin menggunakan Mercedes Benz.
Sumber : solid 49/2011 & perubahan seperlunya
Sumber pict : google
Comments
  1. nison says:

    mesin depan atau belakang ya?

  2. otonk says:

    tenan ora iki… piro tikete/….

  3. ilham says:

    wawww… hebat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s