Menghindari “Jalur Panas”, Lebih Baik Ambil “Jalur Dingin”

Posted: 26 March 2012 in ::::: Tips n Triks

Assalamualaikum..

Pengalaman pribadi di share untuk keselamatan bersama. Akhir pekan lalu adalah riding pulang kampung pertama setelah menikah. Berangkat ambil rute Malang-Jombang-Bojonegoro (via babat), dan pulang ambil rute Bojonegoro-Jombang-Malang (via kedungadem/sukorame).

Trip awal, perjalanan yang kami lalui relatif lancar (alhamdulillah) tanpa banyak kress dengan kendaraan besar (bus, truck) atau kendaraan pribadi, karena trek yang dilalui termasuk jalanan sepi. Selepas sholat jum’at hingga menjelang sore menjadi titik rawan bagi saya, memasuki jalur babat-bojonegoro yang terkenal dengan jalur maut-nya menjadi momok tersendiri. Karena jalan yang sempit (satu lajur), maka yang menjadi korban adalah kendaraan kecil (motor), dan benar saja setelah memasuki darah sroyo mobil-moil semakin sembrono. Hampir menjadi korban karena dipepet dari arah berlawanan hingga “dipaksa” turun dari jalan. Alhamdulillah masih selamat dan bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai rumah.

Belajar dari kejadian sebelumnya, waktu perjalanan balik ke Malang saya putuskan untuk melalui jalur alternatif via kedungadem/sukorame. Tetapi pemilihan jalur ini juga disebabkan “paksaan turun dari jalan” oleh 1 Bus AKAP dan 1 truk Ekspedisi yang hanya terpaut dalam hitungan menit lepas Bojonegoro, Ediyan.. Sebelum tambah gondok maka dipilihlah jalur alternatif via Kedungadem/Sukorame ini.

Bener-bener nyaman lho, jalur ini bebas dari namanya truk, bus, yang ada cuma motor, angkutan desa dan sejenisnya. Kanan-kiri kita bisa lihat hamparan sawah dan hutan kecil. Sebenarnya trek ini sudah pernah saya lewati waktu akhir kuliah dahulu, dan trek ini sering di ulas sama mas touringrider dengan honda win nya. Tetapi setelah hampir 3 tahun tidak mengaspal lewat jalur tersebut, ternyata kondisi jalannya semakin parah. Mulai dari lubang kecil, patahan jalan paving dan aspal, hingga trek lahapan motorcross tersedia disana. Tapi yang paling penting adalah ketenangan pikiran dan hati yang gak terusik dijalur ini😀

Nah buat sodara yang ingin mencoba trek yang berbeda ketika berada di sekitaran Jombang, Bojonegoro atau Lamongan silahkan. Jika dari Jombang menuju arah Babat, sodara bisa belok ke kiri setelah SPBU Kabuh Jombang, sedangkan jika dari Bojonegoro sodara bisa melalui 3 jalur alternatif. Pertama, dari Bojonegoro belok ke kanan di pertigaan mBalen (arah Sugihwaras) > Sugihwaras > belok ke kiri (desa trate) > lurus hingga pasar Kedungadem > Sukorame. Kedua, Bojonegoro belok ke kanan di perempatan pasar Sumberrejo > desa trate > belok ke kiri > lurus hingga pasar Kedungadem > Sukorame. Ketiga, Bojonegoro belok ke kanan di perempatan pasar Sroyo > lurus hingga pasar Kedungadem > Sukorame. Selamat mencoba.

Comments
  1. Entertic.com says:

    Biarpun jalur dingin suasana di Bis tetap hot.

  2. archnine says:

    hahaha iso wae mas e iki, bus ra oleh lewat kedungadem.
    #jalur ini kan alternatif buat yang sepedaan mas😀

  3. Simo "BUR DESEL" Ngrejeng says:

    Makasih boss atas arahan jalurnya, namun waktu ane lewat situ dari mojokerto(juli 2011) jalan amburadul, tdk rusak tapi sudah tdk brwujud jalan. Naaah skarang gimana kondisinya, apakah tetep begitu atow sdh ada prbaikan???

    • archnine says:

      kemarin waktu lewan jalannya tambah hancur mas. titik yang paling parah mulai masuk pertigaan kabuh sampai masuk daerah sukoreme. kalo naik motor tril uwenak mas bisa jumping-jumping😀

  4. Maskur says:

    Lewat Pujon ae, menantang…

  5. Tiana says:

    Walah, jalan Kedungadem Sukorame Kabuh sekarang sudah hancur cur, apalagi habis hujan. Piye to.

  6. Enak lewat Sumberarum saja le, terus ke timur tembus Temayang, Kedungadem, Sukorame, Kabuh, Jombang. Lewat hutan jati terus gak ada kendaraan besar, paling cuma pick up.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s