Safety Riding Bisa Diajarkan di Lingkungan Kerja

Posted: 17 April 2012 in ::: Otomotif, :::: Renungan

Safety riding bagi para riders adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan saat berkendara. Tapi apakah kesadaran untuk berkendara dengan aman akan muncul secara alamiah dari diri riders atau malah muncul ketika ada aturan-aturan dibelakangnya?

Iseng ngobrol dengan kawan yang kerja di kawasan Cikarang, Jawa Barat tentang kejadian yang saya alami 2 minggu lalu, disini. Berkaca dari kejadian itu (dagu mrempul) saya mengutarakan niat untuk mengganti helm yang saya pakai sekarang (TRX 3 half face) menjadi helm full face. Kawan saya mengatakan kalau seluruh karyawan di perusahaan tempat ia bekerja yang menggunakan kendaraan roda dua harus memenuhi standart safety riding, apa saja poinnya monggo disimak :

  1. Menggunakan Helm Full Face;
  2. Seluruh lampu harus dalam keadaan menyala, baik lampu utama depan-belakang, lampu rem dan lampu sein;
  3. Kaca Spion harus dua biji.

Jika kedapatan ada karyawan yang melanggar akan mendapatkan sanksi berupa larangan parkir di lingkungan perusahaan!! Salutnya lagi untuk bisa mendapatkan akses parkir dalam lingkungan perusahaan, setiap motor akan diuji layaknya uji kir kendaraan umum untuk bisa mendapatkan stiker parkir dan akses masuk ke lingkungan pabrik. Selain aturan yang begitu ketat pihak perusahaan juga memberikan pemahaman kepada karyawannya untuk taat berkendara dengan mengadakan pelatihan dari pihak kepolisian.

Bagaimana dengan lingkungan kerja kita? Apakah kita bisa menjadi pelopor? Semangat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s