Awal Musim Penghujan, Malang Dikepung Banjir

Posted: 5 October 2012 in Me
Tags: ,

Assalamualaikum wr wb..

Memasuki musim penghujan di tahun 2012 ini semua harus tetap waspada, istilahnya sedia jas hujan sebelum hujan (beneran) kekeke.. Musim penghujan yang datang terlambat kali ini sudah saya antsipasi dengan jas hujan yang sedia dibawah jog motor (meskipun pake motor pinjeman sodara). Benar saja, ketika adzan ashar berkumandang, mulai turun gerimis yang perlahan menjadi lebat (sekali hujan langsung dweress..) sampai sekitar pukul 16.30.

Keluar tempat kerja langsung menuju ke SPBU Sumbersari untuk fulltank si gesit irit dari suzuki, langsung tancap melewati jalan Bendungan Sigura-Gura ke arah barat, selepas klinik Daqu Sehat jalan mulai merambat, ada apa gerangan? Ternyata persis dibelakang UIN Malang ada banjir yang berasal dari saluran yang meluap, daripada mengantri satu-satu motor saya arahkan masuk ke perumahan Pondok Alam Sigura-gura yang tembus ke jalan Candi dengan maksud untuk menghindari penumpukan kendaraan. Ternyata dugaan saya keliru dari jalan Candi sampai jalan Joyosuko memang lancar, tetapi jalan Joyosuko hingga Jalan Sunan Kalijogo macet total karena air yang menggenang dan menutup jalan hingga +30 cm (blok masin) dan mengalir cukup deras (FYI jalan tersebut berupa tanjakan/turunan), pikir saya saat itu asal moncong lubang knalpot tidak kerendam air it’s ok, lanjooot. Sukses menerabas banjir di Jalan Joyosuko saya mengarah ke utara bermaksud tembus di perempatan Mertojoyo, sebelum sampai diperempatan terjadi macet yang lagi-lagi akibat genangan air, kali ini lumayan dalam (karena banyak motor yang mogok ditengah jalan), beruntung kali ini sifatnya hanya menggenang dan relatif tidak mengalir sehingga resiko para pengendara motor cukup kecil.

Sedikit flashback, ketika pertama kali menginjakkan kaki di Malang tahun 2003, sempat kaget karena cuaca yang dingin, bebas macet (masih ingat kena macet ketika ketemu aremania konvoi, bubaran test umptn+stan, pergantian tahun baru setelah itu tidak ada lagi). Banjir? tahun 2003 saya juga mengalami musim penghujan, tapi tidak sampai menimbulkan kemacetan dimana-mana, karena setelah hujan reda air bisa dengan langsung masuk ke saluran pembuangan. Tapi semenjak terjadi pembangunan Mall dan Ruko yang menurut saya kurang beraturan, banjir sepertinya mulai kerap menyapa warga Malang. Apakah Kota Malang yang awalnya bebas banjir akan menjadi Kota yang bernasib malang karena kepungan banjir yang mulai mengintai disetiap musim penghujan? Tetapi bagi saya lepas dari kemacetan akibat banjir kemarin adalah berkah tersendiri, karena masih bisa untuk menunaikan sholat maghrib berjamaah dimushola rumah.

Wassalmualaikum wr wb..

Comments
  1. touringrider says:

    malang kota ruko, kota banjir, kota….👿

    • Mas Wiro says:

      Mossssoooooooookkkkk…

      Malang iku kota pendidikan…jaréné sih
      Malang iku kota bunga…iku biyén sik nom²anku
      Malang iku kota pariwisata…koyok’é

      Lha sak’iki…
      Malang kota Industri…pingin nguber kutho gedé liyané
      Malang kota sejuta ruko…mangkané kakéhan CORRR
      dll

      Btw, aq sik seneng Malang
      Kota tempat saya dibesarkan😀

      545471

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s