Test Mesin dan Konsumsi BBM HSX 125 Pasca OS.50

Posted: 31 July 2013 in Me

Assalamualaikum wr wb.

Minggu kemarin, tepatnya malam minggu jam 22.30 mendadak ada telp dari sodara yang mengabari tentang keadaan yang darurat di klaten. Wah alamat kehabisan bus nih, ijin istri buat motoran ke klatennya. Alhamdulillah malah disarankan begitu😆

Berhubung serba keburu, tidak ada niatan untuk melihat ordometer saat berangkat (hanya ingat 51.6xx km -rendah-) dan kondisi tanki full bar -1 strip. Berdoa dulu sebelum berangkat, bismillah..

Trip 1 : (22.45 – 00.30 an)

Malang (landungsari) – Batu – Pujon – Kasembon – Kandangan – Gudo – Papar (nyasar sebentar) – Kertosono – Nganjuk. Isi BBM 20rb di ordometer 51.739 km

Trip 2 : (00.45 – 03.30 an)

Nganjuk – Caruban – (via karangjati -mirip bus patas-😆 ) Ngawi – Mantingan – Sragen. Istirahat makan sahur dan menunggu sholat subuh. Isi BBM 20rb di ordometer 51.869 km

Trip 3 : (05.00 – 06.30 an) dan (20.00 – 23.16 an)

Sragen – Kebakkramat – Solo (via ringroad utara) – Kartasura – Klaten (Delanggu). Alhamdulillah nyampe tujuan. (skip-skip) Setelah sholat dhuhur lanjut ke Delanggu buat servis rutin 2000km di AHASS ASLI Motor (cerita di AHASS menyusul), pulang lagi ke rumah. Orodometer saat itu menunjuk di 51.931 km. Setelah tarawih sekitar jam 20.00 saya ijin untuk balik ke Malang. Start di ordo 51.931 km. Rute yang dilalui Klaten (Delanggu) – Kartasura – Solo (via ringroad utara) – Sragen – Mantingan – Ngawi (Karangjati). Ordo tercatat di 52.047 km. Nah ini yang bikin ceritanya lain, jarak +- 178 km hanya membutuhkan BBM 20rb untuk top up lagi. (cerita rahasianya nyusul lagi)

Trip 4 : (23.30 – 03.00)

Ngawi (Karangjati) – Caruban – Nganjuk – Pare (via Warujayeng, Ngronggot) – Kandangan – Kasembon – Pujon – Batu – Malang (Rumah Landungsari) ordo menunjuk 52.216 km + 1 hari buat PP kerja, cukup 20rb saja sudah top up.

Review Berkendara :

Saat perjalanan berangkat, Malang – Klaten kondisi badan fresh sehingga betah untuk menggeber di atas 80km/h, bahkan sempat menyentuh 110km/h di jalur Ngawi – Sragen.

Saat perjalanan pulang, kondisi tubuh sudah lelah (istirahat hanya 2 jam, 10.00 – 12.00) sehingga bawaan motor cenderung lebih kalem 60km/h – 80km/h, selain itu ditambah dengan mlihat langsung laka saat di kota Solo (jadi mikir ulang kalo ngebut). Tapi saat di Pare – Malang hal tersebut tidak berlaku:mrgreen: )

Review BBM :

Asumsi kilometer yang ditempuh (start awal dari Malang 51.616, Nganjuk 51.739, Sragen 51.869). (start awal dari Klaten 51.931, Ngawi 52.047 dan Malang 52.216)

Asumsi BBM yang digunakan (start awal Malang 3ltr (kondisi full bar -1 strip), Nganjuk 3ltr, Sragen 3ltr, Ngawi 3ltr).

Hitung-hitungan kasarnya (52.216 – 51.616) / (3 liter x 4) = 600 / 12 liter = 50km/liter

Sekian testnya kali ini, terimakasih dan Wassalam..

*foto bukti otentik menyusul ya..

Comments
  1. […] Test Mesin dan Konsumsi BBM HSX 125 Pasca OS.50 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s